7 Tips Memilih Power Bank Yang Bagus

power bank yang bagus

Bagiamana cara Anda memilih power bank yang bagus? Dalam artikel ini akan kami berikan ulasan tentang bagaimana cara kita memilih power bank yang tepat sesuai dengan keinginan Anda. Mari kita simak ulasannya: 

  • Pilih Dengan Kapasitas Besar

Salah satu faktor pertama yang sering menjadi bahan pertimbangan saat membeli power bank adalah daya tampungnya. Power bank dengan kapasitas besar akan mampu menyimpan suplai energi lebih banyak sehingga bisa dipakai berkali-kali untuk mencharge gadget anda. Power bank berkapasitas besar disarankan untuk dibeli bagi anda yang memiliki lebih dari perangkat mobile (ponsel atau tablet) serta bagi anda yang lebih sering beraktivitas di luar ruangan yang jauh dari sumber daya listrik, misalnya traveler. Selain harga yang lebih mahal, kekurangan dari powerbank berkapasitas besar adalah pengisian dayanya yang cukup lama serta bobotnya yang cukup berat dan ukurannya lebih besar sehingga tidak nyaman dibawa di saku.

  • Cari Merek Terkenal

Secara sederhana, salah satu cara bagaimana cara memilih power bank terbaik adalah pilihlah merek Power Bank yang sudah dikenal di seluruh dunia. Ini karena, di pasar Indonesia khususnya sudah muncul banyak merek yang agak meragukan. Sejauh mungkin, pilih merek yang memiliki sertifikasi UL untuk lebih memastikan originalitas dan keamanan.

  • Pilih Yang Kompatible Dengan Perangkat Anda

Saat memilih power bank, lihatlah kompatibelitas (kecococokan) power bank tersebut dengan perangkat yang kita miliki. Ini biasanya tertera pada kemasannya. Power bank yang kurang cocok bisa memberi efek tidak baik, bahkan merusak atau memperpendek umur baterai gadget yang kita miliki.

  • Perhatikan Garansinya

Untuk keamanan, coba pilih Power Bank yang memiliki jaminan minimal setahun. Jaminan tersebut juga perlu diteliti terkait syarat dan ketentuan. Oleh karena itu, saat pembelian periksa di mana Anda dapat mengirim Power Bank dengan jaminan jika ada masalah timbul. Seringkali sebuah produk elektronik rusak karena kesalahan atau kecerobohan pengiriman atau distribusi dari pabrik ke toko penjualan. Membeli power bank yang bergaransi biasanya merupakan produk original, meskipun harganya lebih sedikit mahal.

  • Cermati Fitur Keamanan

Jika bisa, pilih Power Bank yang memiliki fitur-fitur keamanan khusus yang mampu melindungi ponsel dan Anda sendiri. Power Bank yang tidak memiliki Safety Protection berpotensi mengakibatkan kerusakan yang fatal pada gadget kita. Jangan segan bertanya kepada penjual, apakah Power Bank ini memiliki fitur keamanan seperti perlindungan short circuit, pengisian berlebihan atau suhu. Fitur keamanan Short Circuit Protection akan mampu memproteksi terhadap arus pendek yang mungkin menimbulkan kebakaran atau ledakan ketika digunakan.

  • Pilihlah Power Bank Yang Memiliki Layar Indikator

indikator power bankBeberapa Power Bank menawarkan layar indikator yang berbeda-beda untuk beberapa fungsinya. Ini sangat penting untuk mengetahui informasi pada Power Bank Anda seperti angka pengisian, sisa daya suplai, kegiatan sekarang dan sebagainya. Dengan indikator ini, pengguna dapat lebih mudah mengetahui terkait waktu pengisian dan tentunya kita bisa merencanakan kapan waktu yang tepat untuk mengisi ulang powerbank karena pengisian powerbank tidak sebentar apa lagi kapasitasnya besar yang bisa membutuhkan waktu lebih dari 10 jam agar terisi penuh.

  • Pilih Model Power Bank Yang Berisi Lubang Daya Output Lebih Dari Satu

Perhatian tegangan pada port output Power Bank yang sedang Anda pantau. Contohnya seperti 5V / 1A atau 5V / 1.5A dan sebagainya. Ini karena output ini memiliki pengaruh pada proses kecepatan pengisian dan juga produksi listrik secara maksimal. Beberapa model power bank hanya dilengkapi dengan satu daya output, sebagian lainnya lebih dari satu, terutama power bank dengan kapasitas besar.

 

Baca Juga :  Cara Screenshot di Laptop Secara Praktis